Friday, August 10, 2012

E-Currency


Kali ini ane akan membahas sedikit yang ane tau tentang E-Currency, E-Currency tersebut adalaha sebuah mata uang elektronik yang legal yang berlaku di dunia Maya atau Internet. E-Currency sendiri bisa dijadi Rupiah, Dollar, Euro DLL, Tergantung dari pemilihanya atau kemauan anda sendiri sebagai pemilik Account E-Currency tersebut.

E-Currency sendiri biasa digunakan untuk berbelanja Oline (Contoh: Ebay DLL), Investasi Online (Penanaman Modal) dan pembayaran jasa di dunia maya. Meskipun bentuknya sendiri tidak berbentuk Mata Uang real akan tetapi E-Currency itu sendiri memiliki nilai yang sama persis dengan mata uang asli pada umumnya dan sistim penggunaanya sendiri hanya bisa di lakukan di Dunia Maya atau Internet saja. Dan di setia bentuk E-Currency sendiri memiliki situs atau website sendiri-sendiri secara realtime dan kita bisa mengakses situs atau website tersebut besamaan dengan informasi mengenai history waktu, Hari, Tanggal, Bulan hingga Tahun transaksi kita sendiri (Misalnya Transfer atau Menerima transferan).

Dan perlu di ingat, Dalam membuat account di salah satu situs E-Currency tidaklah di punggut biaya ataupun gratis. Tetapi di dalam sebuah transaksi menerima atau membayar terkadang di butuhkan Account E-Currency yang sudah di veifikasi di masing-masing situs penyedia E-Currency agar tidak terkena biaya Fee saat bertransaksi antara si pembeli dan penjual, Tapi tidak semua situs E-Currency yang ada menggunakan sistrm veryfikasi. Di setiap masing-masing situs penyedia E-Currency memiliki TOS (Term Of Service) atau peraturan masing-masing, Dan sangat di wajibkan untuk calon para E-Currency baru membaca setiap peraturan yang ada di masing-masing situs agar kita mengerti dan memahami cara kerja atau ketentuan layananya di situs E-Currency tersebut.

*Ada beberapa tip's aman dalam penggunaan Account E-Currency yang ane tau :

1. Jika anda menggunakan OS Windows.
- Pastikan bahwa anda menggunakan software yang asli.
- Pastikan bahwa windows live update Anda selalu aktif. Dan Anda harus terus mengikuti update (Terutama untuk security update windows).
Langkah ini adalah penting dan harus dilakukan.(Tanpa security update, Windows anda akan rawan dari virus ataupun spyware dsb)
2. Gunakan Antivirus, Antispyware, dan Firewall. Serta gunakan pula software yang asli.
Contohnya anda dapat gunakan dari(Norton, Mc affe, Zone Alarm, dsb). Namun semua software proteksi inipun harus selalu diupdate, Supaya mampu menangkal virus2 ataupun spyware yang selalu baru bermunculan.
3. Saat anda mengakses situs ecurrency atau menggunakan internet pastikan firewall, anti virus, anti spyware anda aktif.
Serta pastikan anda telah mengakses alamat url dari ecurrency dengan benar.

*Tips menggunakan E-Currency dengan berhati-hati.

1. Pemilihan dan penggunaan Password : Gunakan konfigurasi Huruf Besar, Huruf Kecil Dan Angka.
- Semakin Panjang dan tak beraturan semakin bagus (Asal anda juga jangan sampai lupa).
- Jangan menggunakan password eCurrency untuk yang lain(misal: email, program2 internet, dsb)
2. Pemilihan email untuk registrasi di eCurrency :
Gunakan 1 email khusus, dan jangan gunakan email tsb untuk program2/situs2 lain di internet.
3. Pengaturan konfigurasi level keamanan akses.
Masing-masing ecurrency biasanya selalu menerapkan bermacam-macam level perlindungan atas account user.
Aktifkan(enable) sistem pendeteksian IP(jika ada), hal ini akan memberikan perlindungan tambahan ke account kita, sehingga jika terjadi akses ke account kita dari IP yg berbeda dengan sebelumnya. Sistem akan meminta konfirmasi(biasanya by email)

Berikut ini, Beberapa situs penyedia E-Currency :

E-Currency Mancanegara :

E-Currency Lokal :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...