Thursday, December 13, 2012

Definisi Pecinta Alam

Definisi apa itu pecinta alam selalu menjadi perdebatan di setiap pertemuan baik secara formal maupun non formal, karena pecinta alam itu sendiri mengandung pengertian yang sangat luas. Cinta berarti menyukai, mengagumi, dan menyayangi. Pecinta disini sebagai orangnya atau “ pelaku “, sedangkan alam sebagai objeknya atau “ korban “. Sehingga pecinta alam berarti orang yang menyukai, mengagumi, dan menyayangi alam. Berbeda pandangan, berbeda pula arti pecinta alam yang membuat pengertiannya menjadi sangat luas. 

Namun dilihat dari kegiatannya, yang dapat dikatakan pecinta alam bisa dibedakan dalam beberapa kelompok : 

1. Kelompok pertama adalah mereka yang menyalurkan hobby dengan menggeluti alam bebas. Mereka yang biasa atau gemar berada dalam posisi menghadapi tantangan untuk mencari “ kepuasan “ tersendiri. 

2. Kegiatannya meliputi pendakian gunung, panjat tebing, telusur gua, jelajah hutan, dan lain - lain. Kelompok kedua adalah mereka yang berorientasi pada penyelamatan lingkungan hidup. Contoh kegiatannya penanaman mangrove, penangkaran flora dan fauna, operasi SAR, pengamatan sosial - ekonomi - budaya masyarakat dan lain - lain. 

3. Kelompok ketiga adalah mereka yang melakukan kegiatan Kelompok pertama dan kedua. Mereka yang selain menggeluti alam bebas, mereka juga berusaha melakukan penyelamatan lingkungan hidup. “ tantangan terbesar bukan berasal dari alam atau medannya, namun diri kita sendiri - aku dan emosi - Kita kendali emosi saat berada di alam bebas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...