Friday, March 11, 2016

Gunung Ungaran (2.050 Mdpl)


Gunung Ungarang sendiri berada di daerah admistrasi Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk sampai di Gunung tersebut cukup mudah hanya dengan menaiki bis jurusan Jakarta-Solo atau Semarang-Solo, dan turun tepat di depan Pom Bensin dan melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot menuju Pasar Jimbaran. Sesampainya di Pasar Jimbaran, Kalian bisa nyarter angkot atau ojek sesuai selera kalian masing-masing hingga ke Pos Pendakian Mawar.

Untuk Memulai start pendakian dari Pos Mawar ke Pos I lumayan landai, berjalan melewatin deretan hutan pinus hingga ke Pos I. Jarak pendakian dari Basecamp Mawar ke Pos I tidak terlalu lama, sekitar 30 Menitan. Dari Pos I ke Pos II juga treknya hampir sama dengan dari Basecamp Mawar ke Pos I, masih di hiasin hutan pinus dan Pemandangan landscape Kabupaten Semarang. Setelah melewati Pos II ita akan sampai pada sungai kecil, di sini kita bisa mengisi perbekalan air terakhir. Air mengalir disini yang cukup jernih, cocok dijadikan untuk perbekalan minum selama pendakian kalian nanti.

Sesudah melewati Aliran Sungai kecil, kita akan dihadapkan dengan trek perkebunan teh. Di perkebunan teh ini treknya cukup di bilang landai dan panjang. Diperkebunan teh ini pula kita akan di pertemukan  dengan jalur pendakian Gunung Ungaran dari Promasan, setelah sampai di pertigaan jalur, kita melanjutkan pendakian ke arah atas, dengan medan pepohonan yang sempat terbakar di tahun 2015 kemarin. Dari sini trek pendakian sudah mulai terjal dan cukup panjang. setelah berjalan beberapa jam, kita akan dipertemukan dengan dataran bukit (Biasanya dipakai pendakian untuk ngecamp). Di dataran ini biasanya para pendaki bermalam sambil melanjutkan perjalananya esok pagi. Di sini pemandangan Kabupaten Semarang terlihat sangat jelas (Terbuka, sejauh mata memandang), dan untuk ke puncak masih membutukan 2 s/d 3 jam pendakian.

Jalur untuk ke puncak semakin terjal, sama seperti pada umumnya gunung-gunung yang ada. sesampainya di puncak kita akan di suguhkan beberapa Tugu Trigulasi Puncak buatan para TNI. Di puncak gunung ungaran ini pemandangan semakin terlihat jelas, bahkan kalau cuaca lagi bagus kita dapat melihata beberapa gunung yang ada di dataran Jawa Tengah


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...