Monday, July 31, 2017

Gunung Rajabasa (1.282 Mdpl)

Gunung Rajabasa, Mungkin banyak yang belum tau tentang gunung ini letaknya dimana. Okelah, biar terkenal gunung ini di dunia pendakian ga ada salahnya eike share cerita waktu saya kesana. Oya, sekedar informasi aja, untuk menaklukan gunung ini saya mencobanya sampe 3X dihari dan waktu yang berbeda. Jangan tanya kenapa ya kok bisa sampe 3X untuk berhasil naklukin gunung ini, pokoknya panjang deh ceritanya, panjanggg!

Langsung ya, eike memulainya start dari tangerang ke kalianda (Lampung Selatan) menggunakan motor, sengaja naik motor biar dibilang petualang sejati..hihihi! Sekitar jam 02:00 dini hari, kita start mulai perjalanan dari tangerang terus melewati serang, cilegon hingga akhirnya sampai dipelabuhan Merak. Karna kita perginya pas hari jumat pagi dan ga bertepatan dengan cuti bersama, selang beberapa menit, kita langsung memasukin kapal. Oya, sebenernya rencana kita sampai dimerak sunrise-an biar seru, tapi apesnya pas kita sampe sunrisenya udah cus. FYI aja, Harga penyebrangan sepeda Motor dibawah 500CC 45K, Syaratnya cukup menunjukan indentitas diri (KTP, SIM/Paspor). Setelah 2 jam perjalanan di kapal, akhirnya kita sampai di Bakeuheuni, tanpa berlama-lama kita langsung melanjutkan perjalanan langsung ke Kota Kalianda.

Perjalanan bakauheuni - Kalianda memakan waktu sekitar 2 jam (Kecepatan normal). Sesampainya di kalianda kita menyempatkan untuk makan sebentar karna cacing di perut sudah ga kondusif lagi situasinya. Selesai makan-makan cantik, kita langsung menuju desa Sumur Kumbang (Basecamp Pendakian Gunung Rajabasa), perjalanan dari Kota Kalianda ke desa sumur kumbang memakan waktu sekitar 15 menitan. Kalau udah sampe Desa Sumur Kumbang, tanya aja basecamp Gunung Rajabasa Rumahnya Bang Gondrong atau Bang Bule, Hampir semua warga di Desa Sumur Kumbang kenal & tau rumahnya Bang Gondrong/Bang Bule.

Setelah membayar simaksi 10K, Akhirnya kita melakukan pendakian, dan berhubung kita belum tau trek gunung ini, kami memutuskan ubtuk bareng dengan pendaki lainya. Dari basecamp ke Pos 1 cukup jauh & panjang, dan treknya tersebut cukup beragam, dari trek landai sampai tanjakan cantik ala bulu mata syahrini menghempas pergi badai katrina. Setelah beberapa jam perjalanan, akhirnya kita sampai di Pos 1 (Air Terakhir). Di pos 1 ini kita memutuskan untuk mendirikan tenda, karna abis perjalanan jauh ala ali topan anak jalanan.

Pagi pun tiba, sarapan pun usai, akhirnya kita melanjutkan summit ke puncak, dari pos 1 ke Pos 2 trek pun mulai terjal, oya, digunung ini banyak sekali anjing warga yang berkeliaran, tapi jinak kok, malah kalau guguk nya lagi mau mereka bakal dampingin kita ke puncak buat penunjuk jalan. Karna kita  kasih makanan waktu di Pos 1, jadi anak anjing tersebut ikut bersama kita kepuncak hingga turun lagi ke Pos 1. Kembali ke Laptop, Karna trek dari Pos 1 ke Pos 2 cukup terjal, kita menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk sampai disana. Dan dari Pos 2 ke Pos 3 menghabiskan sekitar 1 jam untuk sampai ke Pos 3. Di pos 3 ini kita istirahat lama, bahkan cukup lama, maklumlah namanya juga pendaki cabe-cabean! lanjut perjalanan, Dari Pos 3 ke Pos 4 memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan juga. Untuk dari Pos 4 ke Pos 5 trek mulai landai, karna kita melewati punggungan gunung, lumayanlah buat orang kaya kita-kita ini, akhirnya kita sampai di Pos 5, di pos 5 ini area cukup kecil, bahkan hanya muat satu tenda, itupun pasti menggangu pendaki lain untuk muncak, jadi ga disarankan untuk mendirikan tenda di Pos 5.

Perjalanan kembali dilakukan, dari Pos 5 ke Puncak itu ternyata ga jauh, mungkin hanya 5 Menit walaupun menanjak, diluar ekpetasi kami. Hingga akhirnya kita sampai di puncak dengan hati yang riang, gembira, suka DLL. Dipuncak ini pemandangan cukup luas, selain pemandangan alam, kita juga bisa melihat laut lepas dari puncak gunung Rajabasa ini, pokoknya rewo rewo joss lah...hahaha. Nih gunung cocok banget buat yang pengen ngerasain sensasi mendaki di daratan Sumatra, itung-itung pemanasan sebelum ke Kerinci, Lauser atau Dempo lah.

Akhir kata, makasih ya udah mau mampir dan baca-baca blog acak kadut ini :)