Wednesday, December 2, 2015

Apa Itu Hipotermia?


Apa itu yang dimaksut dengan Hipotermia? Hipotermia merupakan kondisi suhu tubuh inti manusia yang jatuh ke bawah suhu tubuh normalnya. Suhu tubuh yang menurun drastis mengakibatkan kolapsnya fisik dan kapasitas mental juga menurun. Hipotermia dapat dengan mudah terjadi bila tubuh kalian terkena suhu yang dingin atau terlalu lama dalam keadaan basah dengan rentan waktu yang cukup lama sehingga membuat suhu tubuh anda tersebut menurun drastis akibat kedinginan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Kalian perhatikan :

- Usahakan untuk tidak menggunakan pakaian yang berbahan katun. Bahan katun ini jika terkena keringat akan basah dan cukup
lama mengering. Sebaiknya kalian memakai bahan-bahan sintetis (polyester / spandex / nylon) yang mudah menyerap keringat atau yang berjenis quick dry.

- Siapkan pula jaket windproof atau jaket yang berbahan tebal (polar / down jacket / softshell) sebagai extra proteksi bagi tubuh menghadapi dinginnya suhu serta angin gunung. Jangan lupa menyiapkan rain coat sebagai perlindungan untuk mengantisipasi hujan yang sewaktu-waktu bisa turun.

Perlu kalian ingat, meski musim kemarau sekalipun, siapapun dapat mengalami hipotermia. Maka dari itu, dalam kondisi dan situasi apapun, selalu utamakan keselamatan ya, karena seorang pendaki gunung yang baik adalah seseorang yang memahami akan "safety procedure" saat berkegiatan di alam terbuka/bebas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...