Thursday, May 21, 2015

Gunung Merbabu (3.145 Mpdl)


Gunung Merbabu merupakan gunung api tua yang bersebelahan dengan Gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung api teraktif di dunia. Gunung Merbabu memiliki beberapa puncak, Yaitu Puncak Bayangan, Puncak syarif dan Puncak Kenteng Songo (Top Summit). Untuk menuju ketiga puncak ini bisa melalui Lewat Selo/Boyolali dan Takelan/Kopeng. Kedua jalur mempunyai medan perjalanan yang berbeda. Kalau kita lewat Selo, jaraknya lebih jauh tapi memiliki panorama yang sangat indah. Pohon-pohon pinus di sepanjang jalan terasa menciptakan kenyamanan selama perjalanan dan bisa memandang lereng gunung merapi lebih dekat. Sedangkan melalui Takelan/Kopeng jalurnya lebih landai tetapi karena erosi oleh air hujan menyebabkan rute perjalanan di bagi menjadi dua yaitu Jalur lama dan Jalur Baru.

Jalur Takelan/Kopeng

Dari Jogjakarta kita menuju arah ke Magelang, kemudian diteruskan ke arah Salatiga, turun di Kopeng (15km). Dari kopeng perjalanan dilanjutkan menuju Desa Takelan selama 1 jam perjalanan, yang merupakan desa terakhir. Didesa ini hendaknya para pendaki melengkapi perbekalan dan mengambil air untuk pendakian Naik maupun turun.

Dari Takelan kita menuju ke Pos Bayangan (Pending), melewati kebun penduduk dan hutan pinus lalu diteruskan ke Pos Gumuk, Perjalanan membutuhkan waktu 2,5 jam. Dari Pos I diteruskan menuju ke Pos II (Lempong Sampai) selama 0,5 jam. Setelah sampai di Pos II jalan kita diteruskan menyusurui hutan Heterogen selama 1 jam lagi kita akan sampai di Pos IV pada ketinggian 2.880 Mdpl, dimana terdapat pemancar TVRI (Puncak Bayangan). Dari Pos IV perjalanan kita lanjutkan ke Pos V yang membutuhkan waktu selama 0,5 Jam perjalanan.

Setelah dari Pos V kita menuju ke Puncak Syarif (3.120 mdpl) selama 0,5 Jam perjalanan. Puncak Syarif adalah Puncak kedua setelah Puncak Kenteng Songo. Perjalanan dari Kopeng sampai ke Puncak Gunung Merbabu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 7-8 Jam, dan turunya membutuhkan waktu 4-5 Jam Perjalanan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...