Friday, April 24, 2015

Gunung Semeru (3.676 Mpdl)


Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa dan salah satu gunung api yang paling aktif. Dalam kurun waktu -+ 20 menit sekali mengeluarkan abu vulkanik hitam dan pasir. Wilaya tepatnya berada di Kabupa ten Malang dan Lumajang. Aktifitas material vulkanik yang dikeluarkan berupa letusan abu, Lava blok tua dan Bom lava muda.

Untuk pendakian ke gunung semeru ini biasanya pendaki kebanyakan memulai dari arah malang, karena ketersedian akses transportasi dan akomodasi yang mudah di dapat. Dari kota Malang perjalanan dilanjutkan menuju ke tumpang via terminal Arjosari dengan angkot. Sesampainya di terminal tumpang kita bisa langsung naik jeep atau truk yang menuju Ranupani. Dari tumpang perjalanan dilanjutkan ke Ranu pAni dengan melewati Gubuklakah, yang merupakan desa penghasil buah Apel dan Ngadas, tempat Suku Tengger bermukim serta Jemplang - Bantengan (Disini pemandangan ke Gunung Bromo nampak bagaikan hamparan permadani bila awal musim hujan mulai atau berakhir). Perjalanan dari Tumpang menuju Ranu Pani membutuhkan 4-5 jam perjalanan.

Ranu Pani merupakan dusun terakhir perjalanan bermotor. Ditempat ini terdapat Pos pemeriksaan Pendaki Gunung dan Fasilitas yang ada berupa Pondok Pendaki, pondok Penelitian, Pusat Informasi, Kantor Resort, Wisma Cinta Alam, Wisma Tamu dan Bangunan Pengelola. Ditengah perkampungan Ranu Pani terdapat Danau (Ranu) Pani yang merupakan kawasan wisata yang mengasikan. Dari Ranu Pani bila kita berjalan menyusuri jalan setapak lurus terus maka kita akan sampai di Ranu Regulo (15 Menit).

dari Ranu Pani perjalanan dilanjutkan menyusuri jalan beraspal sepanjang 0,5 Km menuju jalan setapak pendakian menuju Ranu Kumbolo. Melewati tanah pertanian daerah Watu Rejeng perjalanan menanjak dimulai. Disekitar perjalanan ada yang tertutup oleh pohon tumbang/rubuh ke jalan sehingga sesekali kita merayap di bawah tumbuhan rubuh. Nuansa perjalanan banyak dijumpai penduduk yang mencari kayu bakar serta burung di sepanjang rute perjalanan. Waktu tempuh dari Ranu Pani ke Watu Rejeng membutuhkan 90 menit. lalu untuk sampai di Ranu Kumbolo dari Watu Rejeng membutuhkan 90 menit.


Ranu Kumbolo merupakan lembah dan terdapat danau/ranu yang lausnya 12 Ha. Daerah ini merupakan tempat Vaforit para pendaki untuk bermalam. Panorama alam dipagi hari akan lebih menakjubkan berupa sinar matahari yang terbit dari celah-celah bukit menjukan warna-warni yang membuat di sekitar danau berwarna kemerahan-merahan dan kekuningan, ditambah uap air diatas danau seakan-akan keluar dari danau tersebut.

Setelah dari Ranu Kumbolo perjalanan diteruskan menuju Kali mati melewati Tanjakan Cinta, Yang merupakan tanjakan yang lumayan memeras tenaga dan diteruskan melewati Savana Oro-oro ombo. Perjalanan diteruskan menuju Cemoro Kandang dan diteruskan melewati padang rumput - Jambangan dan menuju Kali Mati. Disini kita dapat memenuhi kebutuhan tambahan air kita dengan menyusuri jalan setapak selama 15 menit ke mata air.

Setelah dari Kali Mati kita menuju ke Arcopodo dengan waktu tempu 2 sampai 3 jam perjalanan. Arcopodo merupakan daerah yang berada dilereng puncak Gunung Semeru dan dapat digunakan untuk mendirikan tenda sebelum melakukan Summit Attack di dini harinya. Setelah beristirahat di malam harinya, perjalanan pendakian kita lanjutkan menuju ke puncak Jonggring Saloko dengan melewati tanah berpasir dengan kemiringan 60-70 derajat. Diperlukan kewaspadaan khusus dalam melewati medan ini karena banyak batu-batu atau longsoran di karenakan angin atau pendaki yang berada di atas kita. perjalanan dari Arcopodo ke Puncak membutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan pendakian.

Puncak Mahameru atau Puncak Jonggring Salako memiliki keunikan pada setiap 10-15 sekali menyemburkan abu dan batuan vulkanik yang di dahului semburan asap berwarna hitam kelam membumbung tinggi ke angkasa raya seakan-akan menyelimuti seluru puncak. Suhu di puncak semeru kadang-kadang mencapai 0-4 derajat celcius yang disertai kabut tebal dan badai angin.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...