Saturday, July 4, 2015

Gunung Pangranggo (3.019 Mdpl)

Gunung Pangrango merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Pangrango mempunyai ketinggian setinggi 3,019 meter. Puncaknya dinamakan Mandalawangi.
Gunung Pangrango juga merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, tepatnya terletak persis bersebelahan dengan Gunung Gede. untuk mendaki Gunung Pangrango hanya dapat di tempuh melalui jalur cibodas.

Jalur Cibodas

Perjalanan di mulai dari sebuah pintu gerbang Kebun Raya Cibodas, dengan mengikuti jalan di samping lapangan golf, dan kemudian kita berbelok ke kiri, sedikit mendaki dan menjumpai kantor resort TNGP Cibodas, yang merupakan gerbang pendakian TNGP. Kemudian kita mengikuti jalan setapak yang sudah terlihat jelas, dan sepanjang jalan sudah dipenuhin pal Kilometer yang memudahkan perjalanan. Kita menuju kandang badak dan melalui hutan Tropika. kira-kira 1,5 jam perjalanan dari gerbang pendakian, kita akan menjumpai sebuah danau kecil yang dinamakan Telaga Biru. setelah berjalan beberapa lama kita akan sampai di pertigaan yang dinamakan Panyacangan Kuda, berjalan kira 10 menit dari Panyacangan Kuda ke arah kanan, akan kita jumpai air terjun cibereum. Air terjun Cibereum terdiri dari Curug Cidendeng, Curug Cikundul dan Curug Ciwalen.

Setelah kita berjalan melewati Batu Kukus, kita akan menjumpai Air Panas yang berasal dari sumber dekat kawah Gunung gede, Dimana suhu air tersebut dapat mencapai 50 derajat celcius. Setelah melewati air panas kita akan sampai di Kandang Batu atau lebak Saat. Setelah 3 s/d 4 jam perjalanan kita akan sampai d Kandang Badak. Di kandang Badak juga terdapat mata air yang dapat digunakan untuk masak.Setelah berjalan sebentar meninggalkan kandang badak, kita akan menjumpai persimpangan Ke kiri (Puncak Gunung Gede) dan Ke kanan (Puncak Gunung Pangranggo). Untuk ke Puncak gunung pangranggo sendiri kita ambil jalan ke kanan di pertigaan tersebut.

Puncak Pangranggo terletak dalam hutan berlumut, Jadi kita tidak bisa melihat pemandangan yang menarik, tetapi jika turun sedikit ke arah barat terdapat hamparan Bunga Edelweis Jawa yang indah di area seluas 5 Ha, Yang biasa disebut Alun-Alun Mandalawangi.