Saturday, July 4, 2015

Gunung Gede (2.958 Mdpl)

Gunung Gede terletak di Jawa Barat, Dan di dalam pengelolahan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGP), Yang di dirikan tanggal 6 Maret 1980. Berwisata ke Taman Nasional Gede - Pangrango ini merupakan wisata alam yang sangat menyenangkan. Selain wisata pendakian, kita bisa menjumpai banyak air terjun, hutan alam, kawah berapi, padang bunga eidelweis jawa, taman bunga cibodas, sumber air panas dan wisata pengamatan burung. Di dalam kawasan TNGP dijumpai tak kurang 300 lebih jenis burung yang ada di pulau Jawa. Gunung Gede termasuk gunung yang sering di daki, karena transportasinya mudah serta dekat dengan Jakarta dan Bandung.

Jalur Cibodas

Perjalanan di mulai dari sebuah pintu gerbang Kebun Raya Cibodas, dengan mengikuti jalan di samping lapangan golf, dan kemudian kita berbelok ke kiri, sedikit mendaki dan menjumpai kantor resort TNGP Cibodas, yang merupakan gerbang pendakian TNGP. Kemudian kita mengikuti jalan setapak yang sudah terlihat jelas, dan sepanjang jalan sudah dipenuhin pal Kilometer yang memudahkan perjalanan. Kita menuju kandang badak dan melalui hutan Tropika. kira-kira 1,5 jam perjalanan dari gerbang pendakian, kita akan menjumpai sebuah danau kecil yang dinamakan Telaga Biru. setelah berjalan beberapa lama kita akan sampai di pertigaan yang dinamakan Panyacangan Kuda, berjalan kira 10 menit dari Panyacangan Kuda ke arah kanan, akan kita jumpai air terjun cibereum. Air terjun Cibereum terdiri dari Curug Cidendeng, Curug Cikundul dan Curug Ciwalen.

Setelah kita berjalan melewati Batu Kukus, kita akan menjumpai Air Panas yang berasal dari sumber dekat kawah Gunung gede, Dimana suhu air tersebut dapat mencapai 50 derajat celcius. Setelah melewati air panas kita akan sampai di Kandang Batu atau lebak Saat. Setelah 3 s/d 4 jam perjalanan kita akan sampai d Kandang Badak. Di kandang Badak juga terdapat mata air yang dapat digunakan untuk masak. Dalam perjalanan ke Gunung Gede dari kandang Badak kita akan menjumpai persimpangan ke kiri menuju kawah Gunung Gede. kawah Lanang akan kita jumpai disisi kiri jalan setapak, Sementara Kawah Ratu dan Kawah Wadon di sebelah Kanan. Disekitar kawah ini akan kita jumpai Bunga Edelweis Jawa dan juga burung Rajawali Jawa (Spizaetus bartelisi) yang terbang melintasi kawah.

Dari Puncak Gunung Gede bila turun kearah tenggara (kira-kira 1 jam perjalanan), kita akan menjumpai dataran seluas 50 Ha yang terletak diantara Gunung Gede dan gunung Gemuruh, yang sebagian besar dataran ini ditutupi oleh Bunga Edelweis Jawa. tempat ini dinamakan Alun-Alun Surya Kencana. Tempat ini sangat disukai oleh para pendaki sebagai tempat berkemah. dari Alun-Alun surya Kencana kita dapat meneruskan perjalanan turun kearah kiri (Utara) menuju Pos Gunung Putri atau arah ke kanan (Selatan) menuju Salabintana Sukabumi.