Saturday, April 18, 2015

Format & Sistem Kompetisi Liga Nusantara


Liga Nusantara adalah kompetisi sepak bola tingkat ketiga dengan sistem sepak bola Indonesia yang baru digelar 2015. Liga Nusantara merupakan gabungan dari Divisi II dan Divisi III dari Liga Indonesia musim 2014 kemari. Setelah dihapusanya Badan Liga Sepak Bola Amatir Indonesia (BLAI) sebagai pengelola kompetisi amatir di sepakbola Indonesia. Maka, mulai tahun 2015 pengelolaan Liga Amatir aepakbola Indonesia digantikan oleh Komite kompetisi Asosiasi Provinsi (Asprov) untuk babak kualifikasi dan babak Nasional dikelola oleh PSSI.

Sistem yang akan digunakan pada Liga Nusantara kali ini adalah kompetisi penuh dengan format kandang tandang. Tiap klub peserta diwajibkan minimal bertanding 15 kali selama semusim kompetisi.

Format dan Sistem Liga Nusantara 2015 :

  • Zona Provinsi : Sistem kompetisi penuh dengan format kandang tandang dan hanya 1 klub yang lolos ke fase berikutnya. Jika ada 1 zona provinsi yang memiliki klub kurang dari 10, Maka wakil dari provinsi tersebut akan mengikuti babak playoff degan wakil dr provinsi lainya. 
  • Zona Regional : Terbagi dalam 6 regional, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali - Nusa tenggara, Sulawesi - Maluku dan Papua. Sistem dan formatnya adalah setengah kompetisi dan home tournament. Dari tiap regional akan lolos 2 klub yang berhak berlaga ke babak Nasional.
  •  Zona Nasional : Jumlah klub yang berlaga 16 (12 klub yang lolos dari babak Regional dan 4 klub peringkat ke 3 sampai ke 6 dari Divisi I LI 2015). Sistem dan formatnya adalah setengah kompetisi dan home turnament. 6 klub teratas akan mendapat tiket promosi ke Divisi Utama Liga Indonesia.
 *nb : Format dan sistem kompetisi Liga Nusantara sewaktu-waktu bisa berubah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...