Friday, April 24, 2015

Gunung Ceremai (3.078 Mpdl)


Gunung Ceremai merupakan gunung berapi yang masih aktif dan gunung bertipe Strato. Gunung Ceremai memiliki dua kawah utama, Kawah Barat dan Kawah Timur. Gunung ini memiliki keistimewahan tersendiri bila dibandingkan dengan gunung-gunung lainya di pulau jawa, seperti juga Gunung Slamet, Gunung ini terpisah dari gunung lainya. TetapiGunung Ceremai ini lebih dekat dengan Laut Jawa. Kegiatan terakhir yang tercatat pada tahun 1973, berupa gempa tektonik yang cukup kuat. Gunung ceremai ini merupakan Gunung tertinggi di Jawa Barat.


Jalur pendakian yang saya lakukan ke gunung ini melewati Jalur Palutungan, jalur palutungan tidak terlalu curam bila dibandingkan jalur Lingkarjati, tetapi kita harus menambah waktu tempuh 2-3 jam perjalanan untuk sampai ke Pos pendakian Palutungan. Dipalutungan ini  hanya ada toko-toko kecil, maka sebaiknya keperluan logistik untuk pendakian sebisa mungkin di penuhi di Kuningan ataupun cirebon. Didesa palutungan terdapat bumi perkemahan yang bernama Bumi Perkemahan Erah, Perjalanan hanya di butuhkan waktu 10 menit, dan setiap hari libur banyak pengunjung berwisata di tempat ini.


Persediaan air untuk pendakian melalui Palutungan sebaiknya di siapkan di desa ini. Dari palutungan pendakian kita teruskan melalui Cigowong Girang, selama 3 jam perjalanan, dimana terdapat sebuah sungai kecil yang bisa dipakai untuk menambah persediaan air dan mendirikan tenda di tempat ini, walaupun tempatnya kurang memadai dan suhu di Cigowong ini cukup dingin dikarenakan tempatnya yang sangat lembab. Selanjutnya kita akan memasuki hutan dan melalui Blok Kuta dan Blok Pangguyungan Badak.


Perjalanan kita teruskan dengan melewati Blok Arban, kemudian Tanjakan Assoy. Ditempat ini kita dapat beristirahat sebelum melewati tanjakan yang cukup curam. Dari Cigowong Girang diperlukan waktu 4 sampai 5 jam untuk sampai tempat ini. Selanjutnya kita akan melewati Blok Pesanggrahan dan Blok Sanghyang Ropoh, kemudian kita akan sampai pada pertigaan yang menuju Apui (Via Apui, Cipanas) dan ke Kawah Goa Walet. kira-kira 2 jam waktu tempuh dari Tanjakan Assoy ke pertiggan ini. Dari pertigaan ini kita melanjutkan menuju Goa Walet, disini kita dapat mendirikan tenda untuk mereka yang melanjutkan pendakian kepuncak keesokan harinya. Dan untuk sampai ke puncak dari Goa Walet memerlukan waktu tempuh sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan hingga sampai ke Puncak Sunan Cirebon.








No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...