Saturday, April 11, 2015

Gunung Arjuno (3.339 Mpdl)


Gunung Arjuno adalah gunung api tua dan sudah tidak aktif lagi. Gunung Arjuno dan Gunung Welirang terletak pada satu gunung yang sama dan terletak dalam satu rangkaian dengan Gunung Anjasmoro dan Gunung Ringgit. Pada lembah-lembah diantaranya, terutama di lereng gunung arjuno dan Ringgit, terdapat puluhan peninggalan purbakala yang berserakan dan belum di tangani secara tuntas. Bahkan sebagian tertutup oleh semak belukar.

Mendaki Gunung Arjuno dari kota lawang merupakan awal pendakian yang sangat praktis, karna kota lawang mudah sekali kita tempuh dari arah Surabaya maupun Malang, selain itu Puncak Gunung Arjuno dapat langsung kita capai dari arah sini.


Pendakian ke Puncak di mulai dari desa Wonorejo dan dilanjutkan menuju ke Perkebunan Teh Wonosari. Di sini kita dapat melapor pada petugas PHPA atau Kelompok pecinta alam setempat untuk meminta ijin Pendakian. Dan jangan lupa, Persediaan air kita persiapkan juga di desa terakhir ini, karna selama pendakian saya tidak melihat yang namanya mata air.

Dari desa Wonosari kita terus berjalan dan melewati Perkebunan Teh Wonosari serta terus naik ke atas hingga akhirnya kita sampai di Oro-Oro Ombo yang merupakan tempat untuk mendirikan tenda. dari Oro-Oro Ombo menuju ke Puncak Gunung Arjuno masih cukup jauh. Perjalanan dengan melewati hutan lebat yang di sebut Hutan Lali Jiwo. Dari sini kita akan melalui padang rumput yang jalanya menanjak dan curam sekali. Mendekati Puncak, kita akan berjalan melewati batu-batu yang sangat banyak dan menyerupai taman yang sangat indah, setelah itu kita akan mencapai Puncak Gunung Arjuno (Puncak Ogal Agil)





.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...