Thursday, April 16, 2015

Gunung Sundoro (3.136 Mpdl)

Gunung Sundoro merupakan gunung berapi yang berbentuk krucut dan bertipe strato ini terletak di batas Kabupaten Temanggung dan Wonosobo.Gunung Sundoro merupakan gunung yang mempunyai keindahan yang menarik karna di lereng gunung terdapat kebun-kebun teh. Hamparan perkebunan teh yang mengelilinggi menjadikan Gunung Sundoro nampak hijau sepanjang tahun.Bila kita berada di Puncak Gunung Sundoro, kita bisa melihat pemandangan disekitarnya lebih indah karena kondisi puncak yang terbuka dan Sunrise pada pagi hari nampak jelas. Dataran Tinggi Dieng akan terlihat dari kejahuan dan lereng gunung sumbing nampak jelas Konturnya.

Letak Gunung Sundoro berdekatan dengan Gunung Sumbing yang hanya terpisah oleh pelana kledung yang melintasi jalan raya yang menghubungkan Kota Wonosobo dan Kota Magelang. Kawasan hutan gunung sundoro di kelola oleh Perhutani Wonosobo dan Temanggung. Tumbuhan di sini banyak di dominasi oleh tumbuhan Pinus, Akasia dan Mentigi. Hewan yang bisa di jumpai di gunung ini diantaranya Kijang dan Babi Hutan.

Untuk mendaki Gunung Sundoro bisa melewati desa kledung, dari arah magelang naik bus jurusan Wonosobo atau sebaliknya, turun di desa kledung di sebelah restoran Dieng Pass. Di desa Kledung kita bisa menyaksikan pemandangan yang menarik baik kearah Gunung Sundoro maupun ke arah Gunung Sumbing

Perjalanan ke Puncak Gunung Sundoro di mulai dari jalan belakang rumah Kepala Desa. Perjalanan kita akan melewati batas ladang penduduk dengan Hutan dan sampai di Watu Gede. Perjalanan di lanjutkan hingga akhirnya kita sampai di Situk, disini ada Pos Pendaki dan kita dapat beristirahat di sini. Dari Situk diteruskan lagi, kita akan menemuijalan bercabang, lurus dan arah ke kana. Sebaiknya kita ambil jalan lurus karena jalan ini lebih cepat tetapi lebih menanjak, sedangkan jalan yang kekanan lebih landai dan melewati lereng bukit, kedua jalan ini akan bertemu di Pestan dan dapat di tempuh dalam 2 jam dari situk.

Berjalan sekitar 2-3 jam lagi kita sampai di Batu Tatah, daerahnya agak berbatuan. Untuk menuju puncak di perlukan waktu 2 jam lagi, mendekati puncak kita mengambil jalan memutar dari arah kiri menuju ke arah kanan menuju Puncak. Dari desa kledung ke Puncak Sundoro ini membutuhkan waktu 7-8 jam, sedangkan untuk turun membutuhkan waktu 3-4 jam.

Pincak Gunung Sundoro merupakan dataran seluas (400x300) meter, yang disebelah timurnya terdapat dua kawah kembar seluas (210x150) meter. Sedangkan di sebelah barat dan utara terdapat dataran Segoro Wedi dan Banjaran serta dua dataran yang belum bernama, yang merupakan sisa kawah utama dan sekunder.

Menurut tradisi masyarakat di sini setipa tanggal 1 Suro tahun baru pada penanggalan Jawa-Islam, banyak penduduk yang mendaki Gunung Sundoro ini, Untuk mengadakan selamatan di Puncak Gunung Sundoro.